Perkembangan Teknologi Informasi Harus Dikawal Regulasi

Ekonomi  KAMIS, 14 MARET 2019 | 22:57 WIB

Perkembangan Teknologi Informasi Harus Dikawal Regulasi

Seminar enterpreneur di Smosco Tower/zul

Moesimchoice.Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah begitu pesatnya dan menyentuh berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah dalam bidang ekonomi dan ketenagakerjaan. Untuk itu perlu disiapkan berbagai peraturan dan kebijakan yang mendukung perkembangan tersebut.

“Peran teknologi infromasi dalam menciptakan lapangan kerja di era digital ini tidak bisa dibantah lagi. Untuk itu diperlukan berbagai perangkat dan kebijakan yang mengatur hal tersebut,” kata Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja RI, Ahmad Iman dalam seminar enterpreneurship yang diselenggarakan oleh Sentra Indonesia di Gedung Smesco Tower, Kamis (14/3).

Sejauh ini, lanjutnya, pemerintah memang tengah mengodok berbagai regulasi yang berkaitan dengan dampak dari perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya adalah mengenai hubungan kerja antara pengemudi ojek online dan pemilik aplikasi.

"Jadi ini harus diatur regulasinya, tapi jangan terlalu ketat juga karena banyak orang yang hidup mendapat manfaat dari informasi yang luar biasa ini," ujar Caleg DPR Nomor Urut 1 dari PKB di Dapil Jakarta II ini.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Menkeu 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Perpajakan atas Transaksi Perdagangan melalui Sistem Elektronik. Dengan peraturan ini selebgram, YouTuber yang berpendapatan di bawah Rp 54 juta, tidak dikenakan pajak.

“Yang kena pajak itu mereka yang mendapatkan penghasilan ratusan juta rupiah, kalau yang masih puluhan juta nggak kena pajak," ungkap dia.

Sementara itu, Pengamat Teknologi Informatika, Muhammad Faiz Rafdhi mengatakan bahwa, teknologi digital itu adalah sunatulloh yang punya sifat dua sisi. Apakah kita dapat memanfaatkan segi positif atau justru kita tergilas dengan sisi negatifnya.

Faiz berharap kedepan terkait pemerataan teknologi digital maka yang utama adalah pendidikan. Faiz berpesan kepada pemerintah bahwa  kedepan infrastruktur yang dibangun adalah infrastruktur teknoligi informasi.

“Saat ini sudah dibangun infrastruktur dari sisi jalan, kedepan perlu dibangun infrastruktur teknologi informasi, supaya yang lain mengalami percepatan yang sama dengan kita yang ada di Ibu Kota" ungkapnya.

Sedangkan Manager Enterprise Produk Proposition and Pricing Telkomsel, Fani Pristama menambahkan, perubahan teknologi informasi itu tidak bisa kita hindari, tinggal kita bagaimana bisa menanggapi perubahan itu. Yang bisa menjadi filter dalam Teknologi Informasi ini adalah diri kita sendiri.

"Kita bisa jadi sebagai orang tua, sebagai kakak atau teman, kita bisa menjadi filter apa yang bisa kita konsumsi atau tidak dalam Teknologi ini. Kuasai literasi yang bisa membuat kita memenangkan kompetisi, kita harus bisa menjadi subyeknya dan jangan kita menjadi obyeknya," tambahnya.[zul]


Komentar Pembaca