Agar Bisa Nyoblos, KPU Imbau Warga Rekam e-KTP

Polhukam  SELASA, 12 MARET 2019 | 18:50 WIB | Warni Arwindi

Agar Bisa Nyoblos, KPU Imbau Warga Rekam e-KTP

ilustrasi pemilu.

MoeslimChoice | Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat data orang wajib memiliki e-KTP yang belum melakukan perekaman sebanyak 19.038 orang per 28/2/19. KPU mengungkapkan data tersebut masih bisa mencoblos di Pemilu 2019, asal segera melakukan perekaman.

"Misalnya ada beberapa yang belum terdaftar (di DPT Pemilu) salah satu faktornya karena (belum melakukan) perekaman (e-KTP)," kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, saat dmintai keterangan, Selasa, 12/3/19.

"Maka yang bersangkutan bisa membawa KTP-el (e-KTP) itu ke TPS langsung. Itu bukan masuk dalam DPTb (Daftar Pemilih Tambahan), itu masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)," sambungnya.

Hamdan mencontohkan pemilih pemula yang baru genap berusia 17 tahun tepat pada 17/4/19. Jika yang bersangkutan sudah melakukan perekaman sebelumnya, maka dia tinggal membawa e-KTP ke TPS pas hari pencoblosan.

"Misalnya juga ada warga baru atau yang baru saja perekaman e-KTP tapi belum masuk (DPT) misalnya. Karena DPT sudah ditetapkan pada 12 Desember yang lalu (2018), ya sudah dia bawa KTP-el saja ke TPS," terangnya.



Komentar Pembaca