Emetophobia, Apa Itu?

Kesehatan  RABU, 06 MARET 2019 | 08:59 WIB

Emetophobia, Apa Itu?

Ilustrasi

MoeslimChoice | Banyak orang memiliki fobia, mulai dari ketinggian, air atau laba-laba. Tetapi ada beberapa jenis fobia yang kurang umum dan sering disalahpahami, seperti emetophobia atau fobia muntah.

Emetophobia termasuk dalam gangguan obsesif kompulsif, di mana penderitanya memiliki kecemasan yang parah sehubungan dengan muntah. Bisa berupa rasa takut muntah atau takut melihat muntah.

Fobia jenis ini memengaruhi banyak orang dari berbagai latar belakang dan merupakan sesuatu yang umum diderita sejak kecil, namun bisa juga baru diderita seseorang ketika sudah dewasa.

Tidak ada alasan pasti mengapa seseorang memiliki risiko untuk menderita emetophobia. Tetapi bagi sebagian orang, fobia itu muncul karena mereka kehilangan kendali atas tubuh diri sendiri saat sedang muntah. Sementara yang lain merasa jijik dengan muntah.

Maria Kane, seorang terapis NHS CBT, mengatakan, gejala utama fobia ini adalah kecenderungan untuk menghindari apa pun yang dapat membuat Anda muntah atau membuat Anda dekat dengan muntah, tergantung pada jenis emetophobia yang Anda derita.

“Beberapa contoh umum dari hal-hal yang mungkin dihindari sang penderita adalah orang sakit karena takut tertular kuman dan membuat mereka sakit, makanan apa pun yang mungkin membuat mereka keracunan, seperti makanan laut, dan melihat atau mendengar referensi yang berhubungan dengan muntah dan masih banyak lagi,” ujar Kane, dikutip dari Metro.co.uk, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya, penderita juga dapat melakukan lebih sering melakukan hal-hal tertentu, seperti mencuci tangan lebih sering karena takut terkena kuman yang mungkin membuat mereka sakit.

Emetophobia sangat mirip dengan gangguan kecemasan lainnya yang dapat memengaruhi penderita secara fisik.

“Penderita dapat mengalami gejala panik setiap kali mereka merasa berisiko terkena apa pun yang berhubungan dengan muntah,” ujarnya. [yhr]


Komentar Pembaca