Keppres Soal Biaya Haji Belum Keluar, Jamaah Belum Bisa Lakukan Pelunasan

Kabar Tanah Suci  RABU, 06 FEBRUARI 2019 | 23:00 WIB

Keppres Soal Biaya Haji Belum Keluar, Jamaah Belum Bisa Lakukan Pelunasan

Moeslimchoice - Pemerintah memang sudah mengumumkan biaya haji. Namun, para calon jemaah haji (CJH) di Kota Delta belum bisa melakukan pelunasan.

Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo masih menunggu keputusan presiden (keppres). Sebab, biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di setiap daerah tidak sama.

"Masing-masing embarkasi berbeda (jumlah biaya)," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmad Nasrudin.

Menurut dia, biaya itu bergantung jarak embarkasi dengan Tanah Suci. Semakin dekat, semakin murah. Misalnya, biaya haji CJH asal embarkasi Aceh lebih murah jika dibandingkan CJH embarkasi Jakarta.

Lalu, Jakarta tentu juga lebih murah daripada embarkasi Surabaya. Karena itu, pihaknya masih menunggu kepastian biaya haji per embarkasi.

Menurut Nasrudin, jika pemerintah menyatakan BPIH sama dengan tahun sebelumnya, mungkin biaya haji di setiap embarkasi juga tidak berbeda dengan tahun lalu.

Pada 2018, CJH dari Kota Delta membayar Rp 36.091.845. Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan biaya 2017, yakni Rp 35.666.250.

"Kami berharap keputusan biaya per embarkasi segera terealisasi," ucapnya.

Dengan begitu, lanjut dia, pihaknya bisa segera memberitahukan kepada para CJH. Sebab, sudah banyak CJH yang menanyakan biaya pelunasan. Awalnya, pelunasan BPIH bisa dilakukan akhir Januari hingga awal Februari. Ternyata, jadwal tersebut mundur.

Meski demikian, Kemenag Sidoarjo terus berkoordinasi dengan para CJH. Termasuk dengan pihak bank dan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

"Pokoknya jika ada pemberitahuan baru, segera kami kirim surat edaran," ujarnya.

Pada tahun ini, CJH dari Kota Delta sebanyak 2.476 orang. Jumlah itu mungkin bisa bertambah. Sebab, masih ada CJH yang masuk daftar cadangan.(Ang)


Komentar Pembaca
#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

#KataRakyat: Apa sih Unicorn?

Rabu, 20 Februari 2019 | 21:41

Unicorn Bukan Yunikon

Unicorn Bukan Yunikon

Rabu, 20 Februari 2019 | 17:00

Orang-orang Dekat Jokowi Juga Penguasa Lahan

Orang-orang Dekat Jokowi Juga Penguasa Lahan

Rabu, 20 Februari 2019 | 15:00