Anies Imbau Pengurus Masjid dan Musala Gelar Sholat Gerhana Bulan

Nasional  JUMAT, 26 JANUARI 2018 | 19:59 WIB

Anies Imbau Pengurus Masjid dan Musala Gelar Sholat Gerhana Bulan

Moeslimchoice. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi gerhana bulan total pada hari Rabu 31 Januari 2018 mulai pukul 19.51 WIB dan berakhir pukul 21.07 WIB.

Gerhana Bulan Total merupakan fenomena di mana bulan tertutup oleh bayangan bumi, hal tersebut terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus.

Terkait hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengeluarkan surat edaran terkait peristiwa yang terjadi 152 tahun sekali.

Dalam surat tersebut, Anies juga menyatakan, gerhana bulan total akan terjadi selama 76 menit. "Gerhana Bulan Total (GBT) diperkirakan terjadi selama 76 menit dimulai pukul 19.51 WIB dengan puncak pukul 20.29 WIB dan berakhir pukul 20.07 WIB," tulis edaran itu.

Selain itu Anies juga meminta kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk mensosialisasikan dan himbauan kepada lembaga pendidikan Islam, pesantren, dan pengurus masjid serta mushola untuk menggelar sholat gerhana bulan.

Anies juga meminta kepada pengurus masjid dan mushola mengajak para jemaah melaksanakan sholat gerhana bulan yang sesuai tuntunan Rasulullah SAW.


[prs]


Komentar Pembaca